Mau Liburan? Ini 15 Tempat Wisata di Kalimantan Timur Terbaik

tempat wisata di kalimantan timur
Sumber: fritzwaltern.blogspot.com

Kalimantan Timur merupakan salah satu provinsi terluas di Indonesia yang sangat kaya akan objek wisata eksotis. Provinsi yang memiliki luas wilayah sekitar 245 ribu km persegi ini, menawarkan pengalaman wisata nan lengkap.

Mulai dari pegunungan hingga pantai, semua ada disini. Tak heran jika provinsi dengan ibu kota Samarinda tersebut selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan setiap tahunnya.

Khusus bagi Anda yang hendak berlibur, berikut beberapa pilihan tempat wisata di Kalimantan Timur yang wajib Anda kunjungi:

Danau Jempang

Jempang merupakan danau terbesar, terletak di tepi alur Sungai Mahakam tepatnya di Kabupaten Kutai Barat. Danau yang memiliki kedalaman mencapai 8 meter ini, penuh akan koleksi flora dan fauna.

danau jempang
Sumber: youtube.com – @Pilot_foerkhan

Setiap 5 tahun sekali, Danau Jempang akan mengalami sebuah fenomena unik, yakni menjadi kering dan terlihat seperti padang pasir.

Untuk bisa masuk ke lokasi danau, wisatawan tidak perlu membayar biaya tiket masuk sama sekali.

Batu Dinding

Masih di sekitaran Sungai Mahakam, ada satu lagi destinasi menarik yang bisa dikunjungi, yaitu objek wisata Batu Dinding.

batu dinding
Sumber: harianpost.co.id

Berlokasi di Kabupaten Kutai Kartanegara, Batu Dinding memiliki panjang sekitar 800 meter dengan ketinggian hingga 200 meter. Untuk bisa menikmati pemandangan alamnya, pengunjung hanya perlu membayar uang retribusi sebesar 5 ribu rupiah saja.

Taman Rekreasi Lembah Hijau

Dari daerah Kutai Kartanegara, kita pindah sejenak ke daerah Samarinda. Di ibu kota Kalimantan Timur ini, ada sebuah destinasi menarik bernama Taman Rekreasi Lembah Hijau.

Taman yang lengkap dengan fasilitas outbond dan wahana permainan itu berlokasi tepat disebelah Kebun Raya Unmul Samarinda.

Baca juga: 15 tempat wisata di Indonesia wajib Anda kunjungi

Untuk bisa mengunjungi, sediakan uang sebesar 5 ribu rupiah setiap orangnya. apabila ingin memanfaatkan wahana outbond, Anda juga akan dikenai biaya tambahan sebesar 180 ribu rupiah per orang.

Kawasan Wisata Bukit Bangkirai

Kembali ke daerah Kutai Kartanegara, ada objek wisata Bukit Bangkirai yang tidak kalah menarik untuk kita sambangi. Bukit tersebut terletak di Kecamatan Samboja, Kabupaten Kutai Kartanegara.

bukit bangkirai
Sumber: adventurouscarl.com

Bangkirai memiliki daya tarik utama berupa Jembatan Tajuk, yaitu Jembatan sepanjang 64 meter yang terletak di atas ketinggian 30 meter. Jembatan ini merupakan jembatan kanopi pertama di Indonesia dan kedua di Asia.

Agar bisa masuk, pengunjung harus membayar biaya tiket sebesar  3.500 rupiah untuk dewasa dan 1.500 rupiah untuk anak-anak.

Goa Losan

Jika Daerah Istimewa Yogyakarta memiliki Goa Jombang, seakan tak mau kalah Provinsi Kalimantan Timur juga memiliki destinasi serupa, yakni Goa Losan.

Objek wisata yang berlokasi di poros Jl. Lintas, Kalimantan Timur – Kalimantan Selatan ini menawarkan pemandangan alam eksotis berupa bebatuan alam yang memiliki bentuk unik dan aneh.

gua losan
Sumber: merahputih.com

Harga tiket masuknya pun tergolong sangat murah, cukup 5 ribu rupiah saja per orang. Jika ingin menyusuri goa hingga tuntas, pengunjung wajib dipandu juru kunci atau pemandu terlatih dari Dinas Pariwisata setempat.

Samboja Lodge

Samboja Lodge merupakan areal penginapan eksklusif yang berlokasi di tengah hutan hijau tropis daerah Kutai Kartanegara. Di sini, wisatawan dapat merasakan pengalaman menarik menginap di rumah adat khas suku Dayak yang terletak tepat di tengah hutan.

samboja lodge
Sumber: pesonaindo.com

Untuk dapat mengunjungi ke tempat ini, wisatawan tak dikenai biaya sama sekali. Namun, jika Anda ingin menggunakan fasilitas yang terdapat di dalamnya, mau tidak mau harus membayar biaya sesuai dengan tarif tersedia.

Tempat Wisata di Kalimantan Timur – Jantur Inar

Bukan cuma Jawa Barat saja yang memiliki wisata air terjun. Kalimantan Timur juga punya. Salah satunya adalah Air Terjun Jantur Inar.

jantur inar
Sumber: pinterest.com

Jantur Inar dengan ketinggian sekitar 30 meter dan berlokasi di Kabupaten Kutai Barat ini, menawarkan daya utama berupa aliran air bersih dan jernih.

Harga tiket masuknya tergolong sangat murah, cukup sediakan seribu rupiah saja per orang.

Pantai Melawai

Wilayah Kalimantan Timur memang didominasi oleh daerah hutan hijau tropis. Walau begitu, bukan berarti provinsi ini tidak memiliki objek wisata pantai sama sekali lho ya!

pantai melawai
Sumber: devianart – fatchvr

Salah satu destinasi yang sangat populer di Kalimantan Timur adalah Pantai Melawai. Pantai yang terletak di Kota Balikpapan itu adalah salah satu tempat terbaik untuk menikmati fenomena matahari terbenam di sore hari.

Pengunjung tidak perlu membayar tiket masuk sama sekali. Selain itu, karena lokasi pantai tidak jauh dari pusat Kota Balikpapan, akses kendaraan umum menuju ke lokasi relatif cukup mudah untuk kita dapatkan.

Pulau Beras Basah

Khusus bagi penghobi olahraga snorkeling atau skuba diving, Anda kami sarankan untuk singgah ke Beras Basah.

Pulau yang terletak di Kota Bontang ini merupakan tempat terbaik untuk Anda kunjungi demi menikmati keindahan alam bawah laut milik Kalimantan Timur.

tempat wisata di kalimantan timur - pulau beras basah
Sumber: backpackerjakarta.com

Perlu diketahui pula, karena lokasi pulau terpisah dari pulau utama, wisatawan harus mengeluarkan biaya untuk menyebrang kurang lebih 300 hingga 400 ribuan rupiah.

Danau Ubur – ubur (Pulau Kakaban)

Selain Pulau Beras Basah, ada satu lagi pulau eksotis di Kalimantan Timur yang tak kalah menarik untuk pengunjung sambangi, yaitu Pulau Kakaban.

Di kalangan pengunjung lokal, pulau yang terletak di gugus kepulauan Derawan, kabupaten Berau ini lebih banyak dikenal dengan nama Danau Ubur – Ubur. Sesuai nama atau istilahnya, pulau ini menawarkan daya tarik utama berupa sekumpulan atau kawanan ubur – ubur.

pulau kakaban
Sumber: masariekulucu.com

Selama berlibur, Anda dapat menikmati pengalaman wisata unik, yakni berenang di danau yang dipenuhi dengan ubur – ubur. Tidak perlu takut, karena jenis yang hidup di perairan pulau ini adalah ubur – ubur jinak.

Untuk bisa masuk ke Pulau Kakaban, pengunjung perlu merogoh kocek sebesar 20 ribu rupiah.

Danau Labuan Cermin

Selain Danau Ubur – Ubur, ada satu lagi tempat wisata di Kalimantan Timur yang tidak boleh terlewatkan, yaitu Danau Labuan Cermin.

Danau yang berlokasi di Labuan Kelambu, Kab. Berau ini menawarkan daya tarik utama berupa air danau nan jernih dan berwarna biru kehijauan.

danau labuan cermin
Sumber: triphemat.com

Lokasi danau tergolong agak cukup jauh. Jika bertolak dari pusat Kabupaten Berau, kita harus menempuh perjalanan sekitar 7 jam perjalanan menggunakan kendaraan bermotor.

Untuk bisa masuk, karena objek wisata tersebut memang belum terkelola secara baik, wisatawan masih bisa mengunjunginya secara cuma – cuma.

Hutan Mangrove Margomulyo

Walaupun memiliki nama yang kejawa-jawaan, Hutan Mangrove Margomulyo nyatanya ada di pulau Kalimantan, tepatnya Kota Balikpapan.

hutan mangrove margomulyo
Sumber: benyaminlakitan.com

Margomulyo yang dapat ditempuh dalam kurun waktu 20 menit dari pusat Kota Balikpapan itu memiliki daya tarik utama berupa hutan mangrove yang masih asri dan kawanan fauna mengelilinginya.

Sampai artikel ini dibuat, biaya tiket masuk ke Hutan Mangrove Margomulyo masih gratis alias tidak dipungut biaya apapun.

Pantai Kemala

Kemala berlokasi di Kota Balikpapan, tepatnya di Jl. Sudirman. Dari pusat Kota Balikpapan, pantai ini dapat ditempuh dalam kurun waktu sekitar 5 menit perjalanan menggunakan kendaraan bermotor.

Pantai yang juga dikenal dengan nama lain Pantai Polda tersebut memiliki fasilitas wisata dan wahana permainan nan lengkap.

pantai kemala
Sumber: wisatakalimantan.com

Ada tempat parkir, food court, wahana permainan banana boat, flying fox, sampai dengan jet ski, semuanya tersedia di pantai Kemala.

Biaya tiket masuknya pun tergolong murah, hanya 5 ribu rupiah saja per orang.

Pantai Lamaru

Masih di Kota Balikpapan, ada satu lagi objek wisata pantai yang tidak kalah menarik untuk kita kunjungi, yaitu Lamaru.

Pantai yang terletak di Desa Teritip, Kota Balikpapan ini menawarkan daya tarik utama berupa garis pantai luas dan ombak cukup tenang.

pantai lamaru
Sumber: portalbalikpapan.com

Sama seperti halnya Kemala, fasilitas dan wahana permainan yang tersedia di objek wisata pantai Lamaru juga sudah lengkap. Mulai dari lahan parkir, tempat duduk / bersantai, tempat makan, hingga wahana permainan flying fox.

Untuk bisa masuk, Anda hanya perlu membayar biaya tiket masuk sebesar 10 ribu rupiah. Biaya belum termasuk biaya parkir, sewa tikar, dan biaya untuk menikmati wahana permainan yang ada di pantai.

Hutan Lindung Sungai Wain

Hutan lindung sungai Wain merupakan hutan lyang digunakan oleh pemerintah setempat sebagai habitat alami buatan untuk hewan khas Pulau Kalimantan.

hutan lindung sungai wain
Sumber: triptrus.com

Hutan lindung yang berlokasi di Karang Joang, Balikpapan Utara ini memiliki luas sekitar 10 ribu hektar.

Untuk bisa menikmati beragam aktivitas, wisatawan harus merogoh kocok yang agak dalam, mulai dari 350 ribuan rupiah.

Tips Wisata ke Kalimantan Timur

Bila Anda belum memiliki pengalaman wisata ke Kalimantan Timur, agar aktivitas perjalanan bisa berjalan tanpa hambatan dan menyenangkan, kami sarankan untuk mengikuti beberapa tips berikut ini:

Buat Peta Perjalanan

Kalimantan Timur adalah provinsi yang sangat luas. Jumlah destinasinya pun juga luar biasa banyak. Nah, supaya lebih efektif, dan terstruktur, ada baiknya untuk kita membuat pemetaan tujuan secara sederhana.

Peta ini memuat prioritas objek wisata mana saja yang ingin Anda kunjungi, yang harus disambangi pertama kali, setelahnya, atau terakhir kali.

Sewa Kendaraan

Mayoritas tempat wisata di Kalimantan Timur berada di daerah terpencil dan tidak terjangkau oleh kendaraan umum. Untuk itu, agar perjalanan dapat berjalan sempurna, alangkah lebih baik untuk menyewa kendaraan.

Selain itu pula, karena jarak antar pom bensin di beberapa daerah agak jauh, pastikan untuk selalu memeriksa ketersediaan bahan bakar kendaraan Anda.

Jangan Lupa Jas Hujan

Khusus untuk wisatawan yang menggunakan kendaraan roda dua, sebagai langkah antisipasi untuk menghadapi hujan (yang sulit untuk diprediksi), wajib selalu membawa jas hujan.

Sekali lagi! Bawa Cukup Uang Tunai

Fasilitas ATM di beberapa daerah yang ada di Kalimantan Timur tergolong sulit ditemui. Pastikan untuk selalui menyediakan uang tunai secukupnya.

Selalui Lupa Bawa Kamera

Untuk mengabadikan momen wisata selama berlibur, kamera adalah perangkat wajib yang harus selalu Anda bawa. Atau, jika tidak ada perangkat khusus, minimal bawalah perangkat ponsel genggang yang berkamera mumpuni.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*