16 Tempat Wisata di Bekasi Paling Menarik Dikunjungi 2019

tempat wisata di bekasi
Sumber: jadiberita.com

Bekasi memang tergolong sebagai daerah padat penduduk dan selalu identik akan kemacetan. Walau demikian, kota yang mendapatkan julukan patriot ini ternyata memiliki keunikan tersendiri dengan banyaknya pilihan tujuan wisata seru.

Mulai dari taman terbuka hijau hingga sejarah, semuanya bisa kita temui secara mudah. Jika dalam waktu dekat ada rencana untuk jalan – jalan, berikut beberapa destinasi menarik kota Bekasi yang wajib Anda sambangi di waktu luang:

Go!Wet Waterpark

Go!Wet Waterpark merupakan salah satu wahana permainan air terluas Indonesia. Waterpark yang terletak di komplek perumahan Grand Wisata Bekasi tersebut memiliki belasan wahana dan lebih dari dua puluh jenis seluncuran.

tempat wisata di bekasi - go!wet waterpark
Sumber: hargatiketmasuk.info

Untuk bisa masuk, pengunjung wajib membayar biaya tiket masuk sebesar 150 ribu rupiah (dewasa) dan 100 ribu rupiah (anak – anak). Di akhir pekan, biaya naik menjadi 225 ribu rupiah (dewasa) dan 175 ribu rupiah (anak – anak).

Waktu operasional dimulai pada pukul setengah 11 siang dan ditutup setengah 7 malam. Berbeda dengan hari libur, jam operasional akan berubah menjadi 9 pagi dan tutup pukul 8 malam.

Curug Parigi

Siapa sangka Bekasi yang padat penduduk, ternyata masih memiliki curug bersih, yakni Parigi. Curug ini mirip air terjun Niagara-nya negara Amerika. Jika ingin berkunjung, lokasinya ada di Bantargebang.

curug parigi
Sumber: enaknyakemana.com

Tiket masuk menuju ke curug masih gratis. Selain itu, tidak ada batasan untuk waktu operasionalnya.

Tempat Wisata di Bekasi – Situ Cibeureum

Sebagai salah satu bentuk penanggulangan bencana banjir, beberapa puluh tahun lalu, pemerintah Jawa Barat banyak mendirikan situ dan waduk yang digunakan sebagai wadah untuk menampung aliran air.

Baca juga: tempat wisata di Indonesia wajib anda kunjungi

Belakangan terlepas dari manfaatnya, waduk – waduk tersebut juga menjadi daerah tujuan wisata.

situ cibeureum bekasi
Sumber: onweekend.co

Cibeureum yang terletak di belakangan Komplek Perumahan Grand Wisata adalah contohnya. Di akhir pekan, situ ini selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan, baik lokal maupun dari luar daerah.

Karena Cibeureum merupakan tempat umum, pengunjung tidak dikenai biaya masuk dan bisa disambangi selama 24 jam non stop.

Gedung Juang Tambun

Khusus bagi penghobi wisata sejarah, destinasi menarik berikut ini sepertinya sangat pas untuk Anda.

Gedung Juang Tambun yang beralamat di Jl. Sultan Hasanudin No. 5, Kecamatan Tambun Selatan itu merupakan saksi bisu atas perjuangan Indonesia melawan penjajah Belanda.

gedung juang tambun
Sumber: budaya-bekasi.blogspot.com

Gedung dibangun dengan mengadopsi gaya arsitektur khas Eropa dan sekarang telah beralihfungsi menjadi bangunan perpustakaan.

Untuk bisa masuk, pengunjung cuma perlu menyediakan uang sebesar 2 ribu rupiah saja. Jam operasionalnya sendiri dimulai pada pukul 8 pagi dan berakhir pukul 3 sore.

Venetian Water Carnaval

Objek wisata air ini sangat cocok apabila kita kunjungi bersama keluarga atau kerabat dekat.

Berlokasi di daerah Tambun Utara, pengunjung tentu bisa menikmati berbagai macam wahana permainan yang tematik khas italia.

venetian water carnaval
Sumber: infobekasi.co

Venetian Water Carnaval buka setiap hari dari jam 8 pagi sampai dengan 6 sore. Harga tiket masuknya pun cukup murah, yaitu cuma 20 ribu rupiah (hari biasa) dan 50 ribu rupiah (hari libur).

Fun Park Waterboom

Selain Go!Wet Waterpark dan Venetian Water Carnaval, ada satu lagi wahana permainan air di Bekasi yang tak kalah menarik untuk disambangi. Tempat itu adalah Fun Park Waterboom.

funpark waterboom
Sumber: travelspromo.com

Di waterboom yang terletak di Jl. Raya Bantar Gebang ini, setiap pengunjung dapat menikmati beragam wahana permainan seru. Ada kolam renang, seluncuran air, hingga air mancur, semuanya sudah tersedia.

Untuk bisa menikmati fasilitas wisata, kita tidak perlu merogoh kocek dalam – dalam. Cukup sediakan 15 ribu rupiah untuk hari biasa dan 20 ribu rupiah di akhir pekan / hari libur.

Taman Buaya Indonesia Jaya

Taman Buaya Indonesia Jaya berlokasi di Jl. Raya Serang – Cibarusah KM. 3, Sukaragam, Serang Baru.

Di taman ini, wisatawan bisa melihat kurang lebih 500 ekor buaya yang berasal dari berbagai spesies. Jika beruntung, Anda juga dapat melihat proses penetasan telur buaya secara langsung.

taman buaya indonesia jaya
Sumber: bacabekasi.com

Bagaimana? Tertarik mampir? Jika iya, mohon persiapkan uang sebesar 20 ribu rupiah setiap 1 orang dewasa, dan 10 ribu rupiah untuk anak – anak.

Saung Ranggon

Kembali ke objek wisata sejarah, ada satu lagi destinasi kota Bekasi yang tidak kalah menarik untuk dikunjungi, yaitu Saung Ranggon.

Saung Ranggon merupakan komplek rumah adat yang berdiri di atas area seluas 500 meter persegi. Di sekitaran saung, wisatawan dapat melihat beberapa rumah panggung yang dibangun dengan konstruksi atap Julang Ngapak.

saung ranggon bekasi
Sumber: gobekasi.pojoksatu.id

Bila tertarik berkunjung, Ranggon dibuka setiap hari mulai pukul 6 pagi sampai dengan 9 malam dan kita tak perlu mengeluarkan biaya apapun.

Rumah Pohon Jatiasih

Rumah Pohon Jatiasih menawarkan pengalaman wisata nan lengkap. Di tempat bernuansa alam satu ini, wisatawan bisa melakukan berbagai macam aktivitas seru, seperti: memancing di danau, menikmati wahana flying fox, berkendara dengan motor ATV, aktivitas outbond, dll.

rumah pohon jatiasih
Sumber: panduanwisata.id

Letak Rumah Pohon Jatiasih ada di Jalan Raya Parpostel. Untuk dapat menikmati, wisatawan akan dikenai biaya antara 10 ribu sampai 70 ribu rupiah.

Danau Marakas

Marakas berada di komplek Perumahan Pesona Ungu, Jalan Sejahtera, Bahagia, Babelan, Bekasi. Danau memiliki luas sekitar 2 hektar dan nyaris tidak pernah sepi pendatang.

Di sepanjang danau, wisatawan dapat menikmati berbagai macam fasilitas, seperti: kolam renang, taman bermain, dan kolam pemancingan. Selain itu, kita juga boleh menikmati beragam sajian kuliner lezat dengan harga terjangkau.

Tiket masuknya pun gratis. Hanya saja bagi yang membawa kendaraan pribadi, tetap akan dikenai biaya parkir sebesar 3 ribu rupiah per kendaraan.

Taman Rusa Kemang Pratama

Taman Rusa Kemang Pratama terletak di Jl. Niaga Raya Blok C No. 3. Taman ini merupakan taman terbuka hijau yang dapat disambangi secara cuma – cuma.

Disini pengunjung akan melihat kawanan rusa dan beberapa jenis satwa unik lainnya.

taman rusa kemang pratama
Sumber: triphobo.com

Apabila berkenan, disekitaran kawasan pengunjung juga boleh melakukan berbagai macam aktivitas menarik, seperti joging, jalan santai, bersepeda, hunting foto, dll.

Di hari normal, taman buka setiap hari mulai pukul 8 pagi sampai dengan pukul 6 sore.

Hutan Kota Patriot Bina Bangsa

Ternyata bukan cuma Bogor saja yang punya hutan tengah kota. Di Bekasi ternyata juga ada.

Lokasi Hutan Kota Patriot Bina Bangsa terletak di Jl. Ahmad Yani No. 2. Bekasi selatan. Hutan bisa dikunjungi secara cuma – cuma selama 24 jam penuh.

hutan kota patriot bina bangsa
Sumber: djangkarubumi.com

Karena lingkungannya masih sangat asri, hutan ini sangat cocok dijadikan tempat untuk menghilangkan penat.

Masjid Nurul Islam – Islamic Center

Berlokasi di Jl. Ahmad Yani, Bekasi Selatan, Masjid ini merupakan salah satu ikon kebanggaan Kota Bekasi. Daya tarik utamanya adalah ketinggian bangunan menaranya yang mencapai 160 meter.

masjid nurul islam bekasi
Sumber: bimasislam.kemenag.go.id

Semua wisatawan diperbolehkan untuk naik ke atas menara. Dari atas, kita dapat menikmati indahnya Bekasi dan Jakarta dari atas ketinggian.

Saung Wulan

Khusus untuk Anda yang suka makan, Saung Wulan wajib masuk ke dalam daftar tujuan wisata selanjutnya. Di restoran ini Anda dapat memesan berbagai macam olahan kuliner khas Sunda dengan harga relatif terjangkau.

restoran saung wulan
Sumber: restosaungwulan.com

Tidak hanya itu, khusus penikmat aktivitas memancing, Anda juga boleh menyalurkan hobi Anda di kolam pemancingan yang tersedia dan berisikan ikan mas, gurame, tawes, dan patin.

Anda pun tidak perlu membayar biaya tiket masuk. Cukup sediakan uang untuk menebus hasil pancingan (35 ribu rupiah per kg ikan).

Pura Agung Tirta Bhuana

Bukan cuma Bali saja yang memiliki objek wisata berbentuk pura lho.

Pura Agung Tirta Bhuana berlokasi di Jalan Jatiluhur Raya, Jakasampurna. Pura yang berfungsi sebagai tempat sembahyang umat Hindu ini memiliki gaya arsitektur tradisional khas Bali.

pura agung tirta bhuana
Sumber: tirtabhuana.com

Bila cukup berminat, silakan sambangi kapan pun Anda mau. Waktu terbaik untuk berkunjung adalah pada hari Rabu dan Jumat, dimana kita dapat menyaksikan sanggar tari Saraswati.

Bumi Perkemahan Karang Kitri

Mirip dengan Bumi Perkemahan Cibubur, Di Bekasi ada Bumi Perkemahan Karang Kitri – beralamat di Jl. Desa Karang Mulya, Kec. Bojongmangu.

bumi perkemahan karang kitri
Sumber: checkinjakarta.id

Selain berkemah, Karang Kitri juga sering dijadikan sebagai lokasi aktivitas outbound.

Harga tiket masuk ditetapkan sebesar 2.500 rupiah per orang. Sedangkan untuk biaya sewa tenda, sekitar 45 ribu rupiah per hari.

Tips Wisata ke Kota Bekasi

Agar perjalanan wisata Anda berjalan lancar dan menyenangkan, silakan simak beberapa tips berikut ini:

Berangkat Lebih Awal

Bekasi adalah kota yang sibuk. Oleh sebab itu, pastikan untuk beranjak sebelum siang tiba.

Gunakan Sepeda Motor

Jika sudah kesiangan, demi menghindari kemacetan, manfaatkanlah kendaraan roda dua atau sepeda motor (pastikan juga tidak lupa membawa jas hujan dan masker wajah untuk menghindari polusi).

Berkunjung Selain Hari Libur

Di akhir pekan, mayoritas tempat wisata yang kami sebutkan cenderung ramai dan kurang leluasa. Untuk itu, sebaiknya kunjungi diwaktu selain hari libur.

Nah, itulah sedikit informasi mengenai tempat wisata di Bekasi beserta dengan tips jalan – jalan yang bisa kami bagikan untuk Anda. Akhir kata, selamat menikmati.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*