18 Tempat Wisata di Yogyakarta (Jogja) Paling Menarik 2018

tempat wisata di yogyakarta - kraton jogja
Sumber: wikipedia

Selain masyur atau populer sebagai kota pendidikan, kota yang diberi gelar Daerah Istimewa ini juga dikenal sebagai daerah tujuan wisata. 

Di kota yang masih menganut sistem kesultanan tersebut, wisatawan dapat berkunjung ke berbagai macam pilihan wisata menarik. Mulai dari tempat bersejarah, pegunungan, hingga pantai, semuanya bisa kita kunjungi.

Nah, bila dalam waktu dekat Anda berencana untuk liburan kemari, berikut beberapa pilihan destinasi menarik yang bisa disambangi:

JogjaBay Pirates Adventure Waterpark

Terletak di daerah Maguwoharjo, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman, JogjaBay Pirates Adventure Waterpark merupakan objek wisata yang sangat cocok untuk dikunjungi bersama dengan keluarga.

Objek wisata ini menawarkan wanaha permainan yang sangat lengkap, seperti: Memo Racer, Ziggy Giant Barrel, Harbour Theatre, dan Bekti Adventure.

Di hari biasa, pengelola menetapkan harga tiket masuk sebesar 60 ribu rupiah untuk anak – anak dan 90 ribu rupiah bagi orang dewasa.

jogjabay pirates adventure waterpark
Sumber: pegipegi.com

Sedangkan saat hari libur termasuk akhir pekan, biaya tiket masuknya naik menjadi 75 ribu rupiah untuk anak – anak dan 100 ribu rupiah untuk orang dewasa.

Museum Affandi

Anda seorang pecinta seni lukis? Apabila iya, museum ini wajib masuk ke dalam daftar kunjungan wisata Anda selama liburan ke Kota Yogyakarta.

tempat wisata di yogyakarta (jogja) - museum affandi
Sumber: catperku.com

Di museum yang berlokasi di Jl. Laksda Adisutjipto No. 167 tersebut, pengunjung dapat melihat ratusan karya seni buatan pelukis ternama Indonesia, yakni Bapak Affandi dan kerabat – kerabatnya.

Tiket masuknya tergolong cukup murah, cuma 50 ribu rupiah per orang. Khusus bagi pengunjung yang membawa kamera, biaya masuknya akan ditambah dengan biaya kamera sebesar 20 ribu rupiah.

Museum Ullen Sentalu

Berlokasi di Jl. Boyong Kilometer 25, Kaliurang Barat, Sleman, Museum Ullen Sentalu merupakan tempat paling pas untuk dikunjungi oleh para pecinta seni dan benda – benda bersejarah.

museum ullen sentalu
Sumber: intaninchan.wordpress.com

Di hari normal, museum buka mulai dari pukul setengah 9 pagi sampai dengan pukul 4 sore. Biaya tiket masuknya pun ramah dikantong, cukup 30 ribu rupiah saja untuk dewasa dan 15 ribu rupiah bagi anak – anak.

Blue Lagoon

Destinasi wisata Blue Lagoon menawarkan daya tarik utama berupa kolam pemandian alami yang sangat bersih dan jernih.

Blue Lagoon (dikenal pula dengan istilah Pemandian Tirta Budi) berlokasi di Desa Wedomartani, Kecamatan Ngemplak, Kabupaten Sleman, Yogyakarta.

blue lagoon
Sumber: ksmtour.com

Untuk bisa menikmati aktivitas wisata di sini, pengunjung tidak perlu merogoh kocek dalam – dalam. Sediakan saja uang parkir sebesar 3 ribu rupiah.

Monumen Yogyakarta Kembali (Monjali)

Monjali merupakan monumen khusus yang dibangun untuk mengenang jasa para pahlawan kemerdekaan. Monumen yang berdiri pada Tahun 1985 itu memiliki bentuk nan unik, yaitu seperti kerucut.

monjali
Sumber: jejakpiknik.com

Lokasinya ada di daerah Jongkang, Sariharjo, Ngaglik, Sleman, DIY. Tiket masuknya pun tergolong sangat murah, yaitu hanya 10 ribu rupiah per orang.

Untuk waktu operasionalnya sendiri tersedia dari hari Selasa sampai Minggu mulai Pukul 08.00 sampai dengan pukul 16.00.

Candi Sambisari

Berlokasi di Dusun Sambisari, Purwomartani, Kalasan, Sleman, Candi Sambisari merupakan salah satu destinasi wisata sejarah yang sangat sayang untuk dilewatkan begitu saja.

Sambisari terdiri dari 1 bangunan candi utama dan 3 bangunan candi pendamping. Area sekitar kompleknya ditumbuhi dengan rumput hijau yang tertata rapi.

candi sambisari
Sumber: jogjaspace.com

Bila tertarik berkunjung, Sambisari dibuka setiap hari untuk umum dari pukul 08.00 sampai pukul 15.00 dengan biaya tiket masuk sebesar 5 ribu rupiah saja per orang.

Tebing Breksi

Tebing Breksi terletak di Dusun Groyokan, Sambirejo, Prambanan, Sleman, DIY. Tebing ini merupakan salah satu destinasi wisata baru yang sedang hits di kalangan anak muda Jogja.

Dulunya tebing itu merupakan lokasi tambang kapur. Nah, sisa galian tambang yang sudah tidak terurus lama kelamaan membentuk dinding – dinding batu nan tinggi dan kokoh.

tempat wisata di jogja - tebing breksi
Sumber: beritagar.id

Belakangan oleh para seniman pahat Jogja, dinding kapur tersebut dipahat membentuk beragam pahatan tertentu yang memiliki nilai seni tinggi.

Untuk bisa masuk ke Tebing Breksi, pengunjung hanya perlu membayar biaya parkir kendaraan sebesar 2 ribu rupiah.

Tebing ini pada dasarnya bisa dikunjungi siapapun mulai pagi hingga sore. Walaupun begitu, waktu terbaik untuk menyinggahinya adalah ketika sore hari, tepat ketika cahaya matahari sudah tidak terlalu terik.

Candi Ijo

Candi Ijo berlokasi di Dusun Groyokan, Desa Samirejo, Prambanan, Sleman, DIY. Bangunan candi memiliki struktur yang unik, yakni berupa 17 struktur bangunan Candi dan 11 teras berundak.

candi ijo
Sumber: kebudayaan.kemdikbud.go.id

Ada pungutan biaya sebesar 5 ribu rupiah kepada setiap wisatawan yang mendatanginya. Jika Anda tertarik untuk menyambangi, saat paling tepat untuk mengunjungi candi ini adalah pagi atau sore hari.

Kebun Binatang Gembira Loka

Tempat wisata di Yogyakarta yang satu ini berlokasi di Jl. Kebun Raya No. 2, Umbulharjo. Gembira Loka memiliki koleksi hewan yang cukup lengkap. Dari kura – kura, hingga tapir, semuanya bisa kita saksikan tingkah lakunya.

Tak ketinggalan, sang pengelola juga turut menyediakan banyak wahana permainan, seperti speed boat, ATV, perahu kayuh, dan perahu katamaran.

gembira loka zoo
Sumber: korinatour.co.id

Kebun Binatang Gembira Loka buka setiap hari dari mulai pukul 08.00 sampai dengan pukul 17.00 dengan biaya tiket masuk sebesar 30 ribu rupiah per orang.

Taman Sari

Taman Sari dulunya adalah situs bekas taman yang secara khusus menjadi istana untuk para putri Kesultanan Yogyakarta.

taman sari jogja
Sumber: noyvesto.net

Jika Anda berminat, Taman Sari yang berlokasi di Jl. Taman, Kraton Yogyakarta ini dapat disinggahi setiap hari dari pukul 08.00 sampai dengan pukul 14.00.

Biaya masuknya sendiri tergolong sangat murah, yaitu cuma 5 ribu rupiah per orang.

Malioboro

Malioboro merupakan tempat wisata terpopuler di Jogja. Bahkan banyak yang bilang kalau jalan – jalan ke Jogjakarta masih belum sah jika belum singgah ke Malioboro.

Di sini wisatawan dapat berburu oleh – oleh, olahan kuliner, menunggangi sado, nongkrong di sepanjang jalan, dll.

malioboro jogja
Sumber: pikniek.com

Satu hal yang harus Anda ingat, jika ingin membeli olahan kuliner di Malioboro, jangan lupa untuk melihat atau jika perlu menanyakan besaran harganya terlebih dahulu.

Hal ini perlu dilakukan untuk menghindari aksi “nuthuk”, yaitu peningkatan harga secara gila – gilaan oleh pedagang yang ingin mencari keuntungan sesaat dari wisatawan luar kota.

Tugu Yogyakarta

Tidak jauh dari Jl. Malioboro, ada destinasi wisata Tugu Yogyakarta yang merupakan ikonnya Kota Jogja.

Di malam hari tugu itu selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan dan warga sekitar untuk sekedar nongkrong atau pun menikmati berbagai macam sajian seni yang cukup menarik.

tugu yogyakarta
Sumber: steemkr.com

Lokasi Tugu Yogyakarta ada di tengah perempatan Jalan Margo Utomo, Diponegoro, Jalan Jend. Sudirman, dan A.M. Sangaji.

Anda dapat berkunjung ke tugu ini kapan pun Anda menginginkannya tanpa perlu merogoh kocek sama sekali.

Kraton Jogja

Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat (Jogja) merupakan istana resmi milik Kesultanan Yogyakarta. Sampai sekarang kraton masih digunakan sebagai tempat tinggal Sultan dan anggota keluarganya.

kraton jogja
Sumber: alodiatour.com

Walau berstatus sebagai tempat tinggal kesultanan, Kraton Jogja dapat dikunjungi oleh masyarakat umum sedari pukul 08.30 sampai dengan pukul 14.00 WIB setiap harinya.

Untuk masuk ke objek wisata sakral ini, wisatawan hanya perlu membayar biaya tiket masuk sebesar 7.500 rupiah per orang.

Museum Batik

Yogyakarta memang bukan kota batik. Namun justru,  kota ini ternyata memiliki sebuah bangunan bernama Museum Batik yang dapat kita datangi demi melihat keanekaragaman kain batik milik Indonesia.

Lokasi Museum Batik ada di Jl. Dr. Sutomo 13 A. Di Museum tersebut, selain dapat melihat beragam koleksi bernilai seni tinggi, wisatawan juga dapat mengikuti kursus atau pelatihan membuat batik.

Untuk bisa masuk, wisatawan harus membayar biaya sebesar 20 ribu rupiah per orang, sedangkan untuk mengikuti pelatihan, wisatawan harus merogoh kocek sedikit lebih dalam atau kurang lebih sekitar 40 ribu per sesinya.

Pasar Beringharjo

Berlokasi di kawasan Jl. Malioboro, Pasar Beringharjo merupakan pasar tradisional yang sangat pas untuk kita jadikan sebagai tempat berburu oleh – oleh di Jogja.

pasar beringharjo
Sumber: overseasattractions.com

Di pasar ini, Anda dapat menemui berbagai macam benda dan aksesoris menarik khas Jogja yang dibanderol dengan harga terjangkau. Selain itu, pelancong juga bisa menikmati berbagai macam sajian kuliner nan khas yang tak kalah murah.

Kampung Wijilan

Khusus untuk para pecinta olahan kuliner, saat berkunjung ke Yogyakarta, Anda wajib menyempatkan diri untuk singgah ke kampung wisata yang satu ini. Lokasinya ada di bagian sebelah timur Alun – Alun Utara.

Di Wijilan, pelancong dapat menikmati berbagai macam makanan khas Yogyakarta dengan harga relatif murah.

kampung wijilan
Sumber: traveltodayindonesia.com

Menurut catatan sejarah, dulunya kampung ini merupakan bagian dari komplek kraton yang digunakan sebagai tempat tinggal para abdi dalem.

Sekitar Tahun 1942, salah seorang istri abdi dalem bernama Bu Slamet berinisiatif untuk membuka warung gudeg di Wijilan yang kemudian diikuti oleh masyarakat sekitar. Dimana pada akhirnya Kampung Wijilan pun menjadi daerah tujuan wisata kuliner ternama dan cukup terkenal di kalangan wisatawan.

Tempat Wisata di Yogyakarta (Jogja) – Kotagede

Kotagede merupakan sentra pembuatan aksesoris berbahan perak. Di Kotagede, Anda dapat membeli berbagai macam produk kerajinan tangan dari bahan perak. Ada cincin, kalung, sampai dengan gelang, semuanya bisa didapatkan di sini.

kotagede
Sumber: wikipedia

Selain itu, di Kotagede wisatawan juga dapat singgah sejenak ke lokasi Makam Raja Mataram, Mesjid Agung Kotagede, dan Pasar Legi (pasar tradisional tertua Yogyakarta).

Angkringan Kopi Joss Lik Man

Pernah dengar Kopi Joss? Kopi Joss merupakan kopi yang dibubuhi dengan bara api dari arang panas. Dibanderol dengan harga murah meriah, kopi ini memiliki cita rasa terbilang unik.

kopi joss lik man
Sumber: tripzilla.id

Sekarang Kopi Joss dapat dengan mudah kita temukan hampir di setiap angkringan sekitaran wilayah Malioboro, namun yang paling terkenal adalah angkringan milik Lik Man.

Selain menyediakan kopi, angkringan yang berlokasi di Malioboro tersebut biasanya juga turut menyajikan beberapa olahan kuliner lain seperti: nasi kucing, sate usus, sate telur puyuh, gorengan, susu jahe, dan sebagainya.

Tips Jalan – Jalan di Yogyakarta

Berikut beberapa tips saat mampir ke Yogyakarta bagi Anda:

Gunakan Pakaian yang Menyerap Keringat

Yogyakarta merupakan daerah bersuhu panas. Maka dari itu, agar tidak mudah gerah, Anda kami sarankan untuk menggunakan jenis pakaian tipis yang menyerap keringat.

Jangan Lupa Bawa dan Pakai Sun Block

Agar tidak “gosong” akibat paparan sinar matahari yang sangat menyengat, jangan lupa untuk selalu mengenakan Sun Block. Kalau perlu gunakanlah jenis sun block ber-SPF tinggi.

Pakai Kendaraan Pribadi

Tidak seperti kota Bogor atau pun Bandung yang memiliki banyak angkutan umum, Yogyakarta sangat minim moda transportasi umum.

Untuk itu, akan lebih baik apabila menggunakan kendaraan pribadi atau menyewa kendaraan.

Susun Rencana Perjalanan Sebaik Mungkin

Berdasarkan penjabaran kami diatas, jumlah tempat wisata di Jogja itu cukup banyak. Jika waktu liburan terbatas, kemungkinan besar Anda tidak dapat mengunjungi sebagian besarnya.

Maka dari itu alangkah lebih baik untuk kita membuat daftar atau susunan acara perjalanan secara jelas dan efektif.

Jangan Lupa Bawa Uang Tunai

Beberapa destinasi wisata di Yogyakarta terletak di daerah pedesaan yang masih minim fasilitas ATM. Pastikan terlebih dahulu bahwa Anda sudah membawa cukup persediaan uang tunai.

Itulah sedikit tulisan mengenai daftar tempat wisata di Yogyakarta beserta tips jalan – jalan yang dapat kami sampaikan. Selamat berwisata dan semoga perjalanan Anda selalu menyenangkan.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*