Khawatir Sakit? Yuk Simak 4 warna Kotoran Bayi Berikut Ini

warna kotoran bayi
Sumber: healthline.com

Bunda, memiliki seorang bayi adalah anugerah terindah yang diberikan oleh Tuhan. Untuk itu harus dijaga betul dan perhatikan selalu kesehatannya. Merawat bayi memang bukan hal mudah, alih – alih bisa kita bilang cukup sulit.

Ditambah, saat ia belum bisa bicara atau mengungkapkan perasaan adalah salah satu faktor yang terkadang kita sebagai orang tua sering mengira – ngira tentang kondisi fisik sang buah hati.

Baca juga: Waspada! 3 kelainan khusus paling umum pada balita

Sebenarnya bunda bisa loh melihat sejauh mana kesehatan si kecil, cuma dari warna tinjanya. Lantas, bagaimananakah itu? Agar lebih jelas, yuk simak lansirannya sbb:

Warna Kotoran Bayi Penanda Keadaan Sehat

Hijau Kehitaman

Bunda, jika si kecil mengeluarkan kotoran berwarna hijau kehitaman, janganlah panik terlebih dahulu. Karena warna ini memang akan selalu terjadi pada awal kelahiran dan sang anak  sebenarnya dalam keadaan sehat.

Mengapa tinja bayi berwarna demikian? Warna tersebut disebabkan karena kandungan bilirubin dan kolostrum ASI yang berfungsi sebagai laksatif.

Adapun kegunaan zat ini adalah untuk membantu proses buang air besar pada anak selama 3 hari pertama.

Kekuningan

Setelah lebih dari 3 hari pertama, warna tinja akan berubah menjadi kuning. Dan biasanya ini terjadi pada bayi yang cuma meminum ASI.

Nah, sekali lagi apabila anak mengeluarkan kotoran berwarna seperti itu, tak perlu cemas ya bun! Sebab buah hati bunda tidak sedang mengalami gangguan kesehatan apapun.

Kecokelatan

Selanjutnya warna tinja yang kecokelatan dan bentuknya kental. Warna ini terjadi biasanya ketika bayi banyak mengkonsumsi suplemen ASI dan sufor (susu formula).

Kondisi tersebut, tentu sangatlah wajar jika terjadi, dimana anak dalam keadaan baik – baik saja.

Hijau Kecokelatan

Bayi yang sudah mendapat asupan berupa makanan padat, secara umum kototannya akan berwarna hijau kecoklatan. Berbahayakah? Oh tentu tidak, sebab warna tersebut menandakan bahwa si kecil tidak sakit.

Nah, itulah tadi 4 warna kotoran bayi yang dapat bunda jadika acuan untuk mengetahui kondisi kesehatan si buah hati. Semoga bermanfaat ya bun!

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*