Eloknya Bukit Buddha Di Hokkaido, Jepang

bukit buddha jepang
Sumber: vitra.com / amusingplanet.com

Bukit Buddha adalah sebutan untuk sebuah patung raksasa yang terletak di atas bukit kecil dekat pemakaman – pulau Jepang, Hokkaido. Di bangun belasan tahun lalu.

“Tujuan berdirinya Bukit Buddha adalah untuk membuat aula doa dengan daya tarik tersendiri, yakni patung Buddha yang di bangun 15 tahun sebelumnya,” jelas arsitek Tadao Ando.

Situs ini adalah bukit landai, terletak di lahan perkuburan subur seluas 180 hektar. Patung memiliki tinggi 13,5 meter dan berat hampir 1500 ton dan terbuat dari batu padat halus.

bukit buddha - 2
Sumber: pinterest.com

bukit buddha - 4
Sumber: japanbyjapan.com

Tata Ruang Terstruktur Bukit Buddha

Gagasan awalnya untuk menutupi Sang Buddha dengan di kelilingi oleh bukit tertanami oleh lavender. Tadao Ando menyebutnya sebagai Kepala Buddha Menyembul Keluar.

Tertanam di bawah bukit, di lengkapi terowongan sepanjang 40 meter dan terhubung ke sebuah aula yang seakan merangkul patung.

Tujuan utama dari desain adalah untuk menciptakan urutan ruang yang jelas, di mulai dari terowongan sampai tiba di aula (lokasi patung).

Ketika aula tercapai, setiap pengunjung akan melihat Sang Buddha terkelilingi oleh lingkaran cahaya yang masuk dari atas.

bukit buddha - 5
Sumber: vitra.com

bukit buddha - 3
Sumber: archdaily.com

Bukit ini setidaknya di tanami oleh 150.000 bunga lavender. Dimana warnanya akan berubah seiring pergantian musim.