3 Cara Download Video di Instagram Lewat PC Paling Mudah

3 cara download video di instagram lewat pc
Sumber: freeiconshop.com

Sejak kemunculan beberapa tahun silam, Instagram menarik banyak perhatian masyarakat khususnya penikmat dunia digital. Pasalnya, aplikasi tersebut menawarkan konsep berbeda di bandingkan jejaring sosial maya serupa.

Konten utamanya lebih spesifik ke arah video dan gambar ketika social media lain masih terlalu luas mencampuradukkan antara kebutuhan chatting, album foto dsb.

Sebagai aplikasi, Instagram termasuk user friendly. Penggunaannya sangat mudah, fitur – fitur yang tersedia juga cukup lengkap dan mengakomodasi kebutuhan untuk berbagi citra.

Anda sebagai pengguna tentu juga merasakan kemudahannya, bukan?

Instagram tidak cuma bisa kita nikmati dari ponsel atau komputer tablet. Aplikasinya tidak harus di unduh dari platform distribusi untuk Android dan iOS (Google Play serta App Store).

Sekarang, Anda mampu menikmati keseruan berbagi dan menjelajahi gambar dan video via media sosial ini melalui PC.

Download Video Instagram di PC

Untuk sekadar melihat-lihat, memberikan komen, dan like, melalui Instagram versi situs pun sudah cukup.

Apabila ingin mengunggah foto, Anda dapat memanfaatkan aplikasi pembantu yang tersedia untuk komputer. Lantas bagaimana dengan kebutuhan download video Instagram di PC?

Ada beberapa cara download video di instagram lewat PC, bisa Anda lakukan. Lebih jelasnya, silakan ikuti tips berikut ini:

Tanpa Pihak Ketiga

Cara download video di Instagram menggunakan PC yang pertama adalah tanpa campur tangan pihak ketiga. Artinya, Anda bisa secara langsung mengunduh meski tidak memakai bantuan situs atau aplikasi tertentu. Langkah-langkahnya pun cukup mudah:

Buka video Instagram yang akan di unduh. Anda bisa mengaksesnya melalui www.instagram.com.

  • Klik kanan pada video tersebut, lalu pilih Inspect (berada di navigasi paling bawah – peramban Google Chrome).
  • Di sisi kanan video akan muncul kotak perintah berupa sekumpulan kode pemrograman. Pada menu Elements > klik tanda segitiga terbalik, sampai Anda menemukan baris kode berisikan URL video berformat mp4.
  • double click pada baris itu. Lanjutkan dengan klik kanan, lalu pilih opsi salin URL atau Copy. Apabila tidak tersedia, Anda dapat pula langsung memilih Open in New Tab (tanpa double click terlebih dahulu).
Baca juga:  Suka Nyanyi? Yuk Download Aplikasi Perekam Suara Ini Di Android

copy url video instagram

open in new tab

  • Jika memilih opsi Copy, tempelkan URL tersebut pada bilah alamat tab. Lain lagi kalau memilih Open in New Tab, secara otomatis Anda di arahkan menuju laman baru.
  • Video yang Anda pilih akan muncul di bagian tengah laman. Untuk mengunduh, klik kanan pada video, lalu pilih perintah Save Video As.

Memanfaatkan Layanan W3Toys

Cara download video di Instagram di PC berikutnya adalah dengan menggunakan bantuan situs lain. Ada beberapa website yang dapat Anda kunjungi, seperti contoh di bawah ini:

w3toys

  • Siapkan dan Salin alamat video.
  • Buka tab baru, kunjungi www.w3toys.com/instagram/video/.
  • Tempelkan alamat tersebut pada kotak Enter Instagram URL (berada di tengah laman).
  • Klik Go, lalu tekan tombol unduh.

Bantuan aplikasi PC IDM

Selain mengunduh secara langsung dan menggunakan bantuan situs penyedia layanan, Anda juga bisa memakai metode lainnya. Cara download video di Instagram lewat PC berikutnya adalah dengan memanfaatkan IDM.

Anda tentu tidak asing lagi dengan aplikasi yang satu ini. Internet Download Manager alias IDM adalah sebuah software asal New York, Amerika Serikat, untuk mengunduh beragam berkas yang ada di dunia maya.

Apabila PC telah terinstal aplikasi tersebut, Anda dapat menghubungkan IDM dengan peramban atau browser.

Dengan demikian, jika Anda membuka sebuah situs yang mengandung video di dalamnya, software akan menampilkan widget untuk mengunduhnya.

widget idm

Namun, ada kalanya hal itu tidak terjadi. Untuk mengatasinya, Anda perlu cek pengaturan dan ekstensi IDM Integration Module pada browser.