Kiat Ampuh Agar Balita Tetap Sehat Selama Musim Hujan

kiat balita tetap sehat selama musim hujan
Sumber: independent.co.uk

Sering kali cuaca yang berubah – ubah bisa membuat tubuh menjadi tidak kondusif. Bukan cuma orang dewasa saja, bahkan anak – anak pun pasti akan menurun daya tahannya.

Akibat dari itu, siapa saja mudah terserang penyakit, khususnya si kecil yang suka bermain diluar rumah ketika sedang hujan. Lalu, bagaimana cara agar si buah hati tetap sehat walau sedang musim hujan? Nah, untuk lebih lengkapnya, simak ulasan berikut:

Mengatur Pola Makan Balita

Bunda, mengatur pola makan si kecil memang bukan hal mudah. Pasalnya, anak masih belum tahu apa itu gaya hidup sehat.

Baca juga: 3 pilihan bahan makanan bernutrisi terbaik untuk balita

Namun, jangan khawatir! karena setiap kali musim hujan datang, pola makannya akan berubah seiring waktu, akibat suasana dingin yang cenderung membuat sang buah hati menjadi mudah lapar.

Selain itu, pastikan pola makan tetap teratur supaya selalu terjaga asupan energinya.

Berikan Istirahat Cukup dan Teratur

Bunda, jika si kecil tidak tercukupi kebutuhan istirahat, imunitasnya cenderung mudah menurun. Kalau sudah seperti ini nih, sudah barang tentu balita akan mudah terserang penyakit terlebih ketika musim hujan.

Supaya kondisi tubuh selalu fit dan tak mudah sakit, pastikan untuk selalu sediakan waktu istirahat yang cukup. Lalu bagaimana jadinya jika anak kita sulit dalam berkonsentrasi saat hendak beristirahat atau tidur? Silakan bunda terapkan beberapa cara ini:

Buat Suasana Rumah Senyaman dan Setenang Mungkin

Non-aktifkan segala perangkat seperti televisi, lampu serta alat serupa yang mungkin menimbulkan suara, agar balita lebih mudah kita ajak tidur.

Hindari Tatapan Mata

Buah hati punya seribu alasan demi menghindari waktu tidur, sekalipun sebenarnya ia sudah cukup lelah. Nah untuk mensiasati, pastikan setelah tertidur, segera alihkan pandangan Anda dari mata sang anak.

Ajaklah Berkeliling Komplek Rumah

Langkah ini boleh bunda lakukan, jika anak memang sulit untuk tertidur. Silakan gunakan kendaraan apa saja dan bawalah secara pelan – pelan.

Berikan Suplemen Tambahan

Apabila buah hati Anda sudah tak lagi mengkonsumsi ASI, langkah yang boleh dilakukan agar tubuhnya tetap bugar saat musim hujan adalah dengan memberinya suplemen tambahan.

Asupan ini antara lain seperti susu, vitamin dan madu untuk menjaga ketahanan tubuh agar semakin kuat dan tidak mudah terserang penyakit.

Itulah sedikit kiat yang bisa para bunda terapkan saat musim hujan, agar si kecil tetap dalam kondisi terbaiknya.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*