Kuburan Sepeda Di Cina: Gagasan Tak Sesuai Ekspektasi

kuburan sepeda cina
Sumber: youtube.com / amusingplanet.com

Berawal dari sebuah gagasan dengan tema ramah lingkungan, beberapa tahun lalu – tepatnya di kota – kota besar Cina. Penggunaan sepeda menjadi sangat populer.

Berangkat dari kondisi ini pula, Ada banyak perusahaan start-up bermunculan yang membuat aplikasi peminjaman sepeda bagi para warga. Sekitar 70 perusahaan telah berkembang sebagai dampak situasi tersebut.

Sebagai dampak dari aksi sporadis itu, dalam sekejap ribuan sepeda bermunculan dan telah membanjiri jalan – jalan kota. Ledakan jumlah pengendara sepeda pun tak mampu terbendung.

Sayang di saat jumlah terus bertambah, tak terimbangi dengan infrastruktur yang baik – dimana kurang tersedianya tempat parkir atau penyimpanan. Akhirnya, timbunan sepeda bekas tak terpakai pun bermunculan dimana – mana, sebagai contoh di Xiamen.

Para pengguna sepeda pinjaman, secara asal memarkirkannya di setiap sudut kota. Lambat laun, sepeda – sepeda tersebut membentuk tumpukkan dan mengganggu lalu lintas.

Pihak berwajib langsung mengambil tindakan, menyita semua sepeda lalu menyimpannya di suatu tempat pembuangan luar kota.

kuburan sepeda - 2

kuburan sepeda - 3

Cikal Bakal Kuburan Sepeda Di Cina

Setiap warga di Cina, bisa menyewa sepeda dengan mudah. Cukup pasang aplikasi, melakukan pesanan dan bayar melalui ponsel mereka.

Nah, seharusnya sudah menjadi tanggung jawab dari setiap perusahaan penyedia untuk mengumpulkan kembali setiap sepeda yang sudah habis masa sewanya.

Sebagai akibat membludaknya jumlah dan tersebar ke berbagai penjuru kota, perusahaan pun tak mampu mengumpulkannya karena alasan mahalnya biaya operasional.

Keadaan ini, semakin parah di karenakan pecahnya gelembung bisnis. Di sebabkan oleh sebagian besar perusahaan tersebut adalah start-up atau usaha rintisan.

Banyak dari perusahaan itu yang meminjam modal dan melakukan pertaruhan tinggi (terpaksa gulung tikar).

Baca juga:  Uniknya Miniatur Taman Di Atas Mobil Pick Up Jepang

kuburan sepeda - 4

kuburan sepeda - 5

kuburan sepeda - 6

kuburan sepeda - 7

kuburan sepeda - 8
Sumber: chen zixiang / the guardian