Liebian: Gedung Pencakar Langit Dengan Air Terjun

Gedung pencakar langit dengan air terjun – Di negara dimana banyak gedung baru berdiri. Telah menjadi tantangan tersendiri bagi sang arsitek untuk membuat desain yang menonjol, contohnya di Cina.

Sudah banyak inspirasi atau desain baru terlahir, namun siapa sangka di antara desain – desain tersebut ada air terjun di dalamnya.

Gedung Pencakar Langit Dengan Air Terjun

Adalah Gedung Liebian (setinggi 397 kaki) di Guiyang, Cina. Liebian International Building memiliki sebuah keunikan dimana ada air terjun mengalir dari atas gedung.

liebian - 2

Sayang, air terjun ini tidak mendapat sambutan positif. Pernah suatu waktu, saat air terjun di alirkan untuk pertama kali:

Banyak warga panik dan langsung melaporkannya kepada pihak berwajib, bahwa telah terjadi “kebocoran air yang sangat besar” di sebuah gedung.

“Gagasan siapa itu untuk membuat air terjun pada gedung? Itu ide yang buruk” ucap seorang warga kepada Media yang meliput. “Mereka seharusnya menghemat energi daripada membuangnya.”

Sebagai tanggapan atas keluhan warga, sang pengelola gedung mengatakan bahwa air terjun cuma akan di aktifkan ketika ada acara atau peringatan khusus saja.

Itu pun hanya berdurasi 10 – 20 menit dan memanfaatkan air daur ulang dari hujan yang telah di tampung sebelumnya.

liebian - 4

liebian - 3
Sumber: amusingplanet.com